WhiteShirt-Studio

www.inhutani1.co.id, (A Collaborated)

Posted on: March 28, 2008

Ini adalah Project website PT.Inhutani1, salah satu dari beberapa PT. Inhutani (BUMN) yang ada dibawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Sekilas tentang PT.Inhutani1, perusahaan ini adalah BUMN pengelola hutan yang ada di indonesia, tepatnya di kalimantan.

Saat itu saya di hubungi Rafi, teman kuliah saya, dari Eksasoft melalui Yahoomessenger(YM) untuk membuat design dari website BUMN ini. Dia sendiri mendapat pekerjaan ini dari istri dosen saya di kampus tempat kami berkuliah, website ini konon katanya ber-budget minim, tapi mereka menginginkan fitur2 yang hebat, seperti bilingual (dua bahasa, Inggris-Indonesia), dan updating news, plus design yang keren (yah biasalah, tipikal konsumen Indonsia). jadi Rafi meminta saya untuk membuatkan design yang menarik, agar dia bisa konsentrasi diaplikasi websitenya, sebuah management yang bagus menurut saya, agar kualitas website tidak berkurang karena terlalu banyak hal yang dipikirkan oleh web designer dalam waktu terbatas.

Ternyata sebelumnya Inhutani sudah memiliki Official Company Website, tapi keadaannya begitu mengenaskan. Hanya sekedar kumpulan tag table-table yang tersusun ga beraturan, design yang jelas maksudnya apa, dan image-image yang di taruh seadanya tanpa di upgrade biar tambah menarik. Rafi saat itu meminta design 3 website untuk kasus ini. dia ingin website ini terlihat elegant, simple dan menunjukkan website yang ‘hijau‘, so i gave him this 3 :

all-web.jpg

Ketiga sample di atas saya kirim kirim ke Rafi dalam bentuk file *.JPG via YM (o, iya. selama peroses pembuatan design ini kami ga pernah bertemu satu sama lain, semua dilakukan via internet (Ym dan email)), beberapa kali kami berdiskusi melalui YM tentang design website ini, sebelum dikirim lagi kepihak Inhutani1. Mereka memilih design yang pertama (dari kiri), dengan alasan design ini sangat cocok dengan perusahaan mereka yang hijau dan menunjukan ke-elegant-an perusahaan. Pada sample awal Image-image yang di taruh, baik untuk header dan konten berasal dari internet, tapi setelah itu dari pihak Inhutani memberikan beberapa foto untuk dijadikan Header. Ya Tuhan, tetep aja, fotonya ga ada yg oke, akhirnya, mau ngga mau saya up-grade deh, sampe harus ilangin foto perempuan yang berdiri di atas jembatan gantung, untung ga keliatan cacatnya. Dan beginilah hasil dari design yang disepakati (image-nya masih berasal dari internet)
jadi.jpg

Seiring dengan perjalanan pembuatan website ini ada perubahan yang dilakukan oleh Rafi pada warna background-nya, dengan alasan disesuaikan dengan kemaua perusahaan, maka inilah tampilan website inhutani1 saat ini. Perusahaan Inhutani yang lain ada yang berminat?

Here is the final…

untitled-1.jpg

Untuk tambahan, pada prinsipnya Whiteshirt-Studio dapat membangun website all in, seperti yang kami promosikan, tetapi pada pada kesempatan ini kami diminta menjadi designer dari website ini.

1 Response to "www.inhutani1.co.id, (A Collaborated)"

tolng donk,,,buatkan lngkah2 pembuatan website ne.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: